Syarat & Ketentuan Berlangganan

Syarat dan ketentuan berlangganan ini adalah perjanjian antara PT Mora Telematika Indonesia sebagai Penyedia Layanan Oxygen.id Home (Untuk selanjutnya disebut “Moratelindo”) dengan Pelanggan Oxygen.id Home (untuk selanjutnya disebut “Pelanggan”).

    1. Layanan Internet Oxygen.id Home merupakan layanan Broadband Internet yang disediakan oleh PT Mora Telematika Indonesia, yang di salurkan menggunakan jaringan Oxygen.id Home.
    2. Pelanggan mengetahui bahwa Layanan TV Oxygen.id Home disediakan oleh PT. Oxygen Multimedia Indonesia.
    3. Fitur dan Jumlah channel yang diberikan kepada Pelanggan dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Layanan TV di salurkan ke Pelanggan dengan menggunakan jaringan Oxygen.id Home.
    4. Layanan TV memerlukan perangkat tambahan berupa Set Top Box dengan biaya sewa perangkat yang ditetapkan oleh Moratelindo.
    5. Maksimum kapasitas ONT adalah untuk 3 Set Top Box, jika Pelanggan membutuhkan lebih, maka Pelanggan harus menambah atau registrasi Layanan Internet baru dengan Akun yang berbeda.
    6. Layanan tambahan (additional service) dikemudian hari akan disediakan oleh Moratelindo maupun Partner. Pelanggan wajib membeli layanan Internet untuk mendapatkan layanan tambahan.
    7. Ketentuan terkait layanan yang belum disebutkan dalam kontrak ini, dijelaskan secara terpisah dan tetap mengikat.
    8. Pelanggan memahami bahwa seluruh biaya-biaya terkait Layanan tambahan yang disediakan oleh Partner (baik pekerjaan Instalasi, relokasi, penambahan fitur maupun tarif), maka biaya-biaya tersebut ditetapkan secara langsung oleh Partner dengan mengisi Formulir berlangganan yang diterbitkan khusus oleh Partner.m
    9. Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan oleh Partner kepada Pelanggan bersifat mengikat, meskipun terpisah dari Syarat dan Ketentuan yang ditentutkan oleh Moratelindo.

    1. Proses Permohonan berlangganan berlaku bagi calon Pelanggan baru atau Pelanggan Eksisting yang ingin merubah layanan atau merubah lokasi instalasi Alamat Pelanggan (Relokasi yang masih didalam area coverage Oxygen.id Home) dengan biaya yang besarnya ditentukan oleh Moratelindo.
    2. Calon Pelanggan wajib mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan oleh Moratelindo dengan disertai salinan (fotocopy/Scan) identitas diri yang sah, berlaku, diakui, dan dapat diterima oleh Moratelindo.
    3. Calon Pelanggan bertanggungjawab penuh terhadap kebenaran dari seluruh data dan informasi yang disampaikan di dalam formulir pendaftaran Moratelindo, dan sepakat untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan Layanan. Setiap perubahan terhadap informasi yang telah diberikan wajib disampaikan kepada Moratelindo selama berlangganan Layanan Oxygen.id Home.
    4. Syarat dan Ketentuan ini berlaku efektif setelah Pelanggan melakukan submit formulir registrasi online dan/atau saat pegawai Moratelindo melakukan pengisian formulir registrasi atas persetujuan Pelanggan yang disertai dengan tandatangan serta persyaratan administrasi lainnya.
    5. Moratelindo berhak secara sepihak menolak permohonan calon Pelanggan.

    1. Untuk permintaan pemasangan, baru akan dipenuhi apabila Pelanggan telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditetapkan Moratelindo, termasuk persyaratan teknis.
    2. Pemasangan perangkat di Alamat Pelanggan ditetapkan waktunya oleh Moratelindo dengan persetujuan Pelanggan dan Pelanggan wajib berada di lokasi dalam jangka waktu yang telah disepakati bersama. Khusus pemasangan yang berlokasi di Cluster Perumahan/Apartemen/Wisma/Gedung yang memerlukan ijin tambahan, Pelanggan wajib menginformasikan dan atau mendapatkan izin pelaksanaan instalasi dari pemilik/pengelola Alamat Pelanggan tentang kegiatan pemasangan perangkat tersebut. Biaya perijinan di lokasi tersebut menjadi beban Pelanggan.
    3. Permintaan perubahan Jadwal Instalasi hanya dapat dilakukan maksimal 24 Jam sebelum jadwal instalasi yang telah disepakati sebelumnya.
    4. Pembatalan permintaan instalasi, akan dikenakan Biaya Pembatalan Dini (Early Cancelation Fee) apabila Moratelindo menerima informasi permintaan pembatalan Instalasi, kurang dari 24 jam sebelum jadwal yang sudah disepakati sebelumnya.
    5. Moratelindo akan menginformasikan kepada Pelanggan tentang seluruh tindakan/proses kegiatan dalam rangka pemasangan perangkat di lokasi Pelanggan, termasuk akibat yang ditimbulkannya dan Pelanggan wajib memberi ijin kepada Moratelindo dan/atau pihak lain yang ditunjuk secara resmi oleh Moratelindo.
    6. Pelanggan membebaskan Moratelindo/pihak yang ditunjuk secara resmi oleh Moratelindo dari segala gugatan/tuntutan pihak manapun juga atas segala kemungkinan yang timbul akibat dari pemasangan perangkat tersebut. Namun demikian Moratelindo akan selalu berpedoman kepada prinsip kehati-hatian, kecermatan dan profesionalisme dalam pelaksanaan pemasangan perangkat tersebut.
    7. Pelanggan menyadari dan mengakui sepenuhnya bahwa seluruh peralatan dalam rangka penyambungan layanan Moratelindo (Termination Box, Optical Network Terminal (ONT), Set Top Box, Remote Control, dan perangkat pendukung lainnya) yang terdapat di lokasi Pelanggan adalah milik Moratelindo dan wajib dikembalikan setelah Pelanggan berhenti berlangganan.
    8. Peralatan yang disiapkan secara mandiri oleh Pelanggan adalah menjadi tanggung jawab penuh dari Pelanggan. Untuk itu Pelanggan menerima, mengakui dan menyetujui bahwa peralatannya tersebut dapat secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh terhadap kualitas Layanan Oxygen.id Home yang disalurkan melalui jaringan Moratelindo.
    9. Pelanggan wajib menjaga dan memelihara seluruh peralatan milik Moratelindo yang berada di lokasi Pelanggan.
    10. Pelanggan wajib membaca, mengetahui dan menandatangani berita acara penyerahan perangkat di lokasi dari Moratelindo dan atau pihak lain yang ditunjuk secara resmi oleh Moratelindo kepada Pelanggan.
    11. Pelanggan dilarang keras memberikan hadiah, tips, atau pemberian lainnya kepada karyawan Moratelindo maupun pihak yang ditunjuk secara resmi oleh Moratelindo dalam melakukan instalasi.

    1. Moratelindo secara sepihak dapat mengakhiri kontrak berlangganan karena Pelanggan melanggar ketentuan kontrak berlangganan atau karena Moratelindo tidak mampu lagi menjadi penyelenggara layanan Oxygen.id Home diwilayah/ lokasi Pelanggan.
    2. Pelanggan dapat mengakhiri kontrak berlangganan secara sepihak sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Moratelindo.
    3. Moratelindo dan Pelanggan sepakat untuk mengesampingkan berlakunya ketentuan pasal 1266 dan 1267 KUH Perdata, sehingga pembatalan atau pemutusan kontrak berlangganan dapat dilakukan oleh salah satu pihak jika terjadi wanprestasi, dan dinyatakan sah tanpa menunggu keputusan hakim.

    1. Apabila Pelanggan tidak membayar/menunggak pembayaran hingga batas waktu yang ditentukan dalam tagihan, maka Moratelindo berhak secara sepihak menghentikan atau memutuskan jasa atau layanan kepada Pelanggan dan menarik kembali perangkat Moratelindo yang berada di lokasi pemasangan Pelanggan (khusus bagi yang menggunakan fasilitas pinjam perangkat).
    2. Jika Pelanggan berkehendak untuk tidak memperpanjang masa berlangganan, Pelanggan wajib memberitahukan kepada Moratelindo dengan cara mendatangi langsung Kantor Layanan Moratelindo selambat-lambatnya 14 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo, dan Pelanggan wajib menandatangani Formulir Pemutusan Berlangganan, dan melunasi seluruh tagihan yang masih timbul, Pemberitahuan melalui email maupun telepon tidak dianggap sebagai syarat sah nya pemintaan pemutusan berlangganan, yang berakibat Pelanggan dianggap tetap melanjutkan berlangganan dan wajib membayar tagihan yang timbul.
    3. Apabila masa berlangganan berakhir karena sebab ataupun tidak diperpanjang lagi, maka Pelanggan wajib menyerahkan kembali seluruh peralatan milik Moratelindo yang terdapat di rumah Pelanggan kepada Moratelindo dalam keadaan baik, tidak rusak, dan masih layak dipakai pada saat pemutusan. Dalam hal Pelanggan berkehendak mengakhiri dan/atau tidak diperpanjang lagi, maka biaya berlangganan yang sudah dibayar di muka tidak dapat ditarik kembali.
    4. Pelanggan wajib memberitahukan secara tertulis (email) kepada Customer Service Moratelindo bila akan pindah ke lokasi lain selambat-lambatnya 14 hari sebelum kepindahan dan/atau peralihan lokasi tersebut dilakukan.
    5. Moratelindo tidak bertanggung jawab dan Pelanggan setuju untuk membebaskan Moratelindo terhadap kondisi “Force Majeure” atau kondisi di luar kehendak/kemampuan Moratelindo termasuk tapi tidak terbatas pada saluran yang hilang karena gangguan pada satelit, penggantian/perubahan dalam kebijakan/peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah Republik Indonesia, unjuk rasa, perang, gempa bumi, banjir, petir, kebakaran, dan lain-lain yang mungkin terjadi selama masa berlangganan yang berada di luar jangkauan kemampuan manusia pada umumnya, termasuk Moratelindo, sehingga Moratelindo tidak berkewajiban untuk memberikan ganti rugi dalam bentuk apapun kepada Pelanggan, termasuk tidak berkewajiban pada penyesuaian biaya berlangganan.
    6. Bagi Pelanggan yang telah dilakukan pemutusannya oleh Moratelindo, baik atas permintaan Pelanggan sendiri maupun disebabkan oleh keterlambatan pembayaran, pihak Moratelindo dan atau pihak lain yang secara resmi ditunjuk Moratelindo untuk sewaktu-waktu dapat mengadakan pemeriksaan langsung ke lokasi Pelanggan yang diduga masih menikmati layanan Moratelindo. Untuk itu, pelaksanaan pemeriksaan ini, Moratelindo akan tetap berpegang pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan jika diperlukan akan bekerja sama dengan jajaran penegak hukum dan instansi pemerintah yang berwenang.
    7. Pemutusan layanan Moratelindo ini sesuai dengan ketentuan poin 6 di atas tidaklah berarti menghapus kewajiban Pelanggan untuk melunasi seluruh kewajiban yang tertunggak.

    1. Pelanggan wajib membayar biaya berlangganan selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo pembayaran yang ada pada tagihan setiap bulannya.
    2. Sistem pembayaran berlangganan Moratelindo adalah pembayaran di muka.
    3. Pembayaran tagihan dapat dilakukan secara langsung di Kantor Pelayanan Moratelindo, melalui transfer bank, ataupun melalui Payment Channel yang sudah bekerja sama dengan Moratelindo, Moratelindo tidak pernah menerapkan peraturan pembayaran layanan melalui Salesperson.
    4. Untuk pembayaran pertama yang sudah diterima tetapi layanan Moratelindo tidak dapat diberikan karena masalah teknis dalam kurun waktu maksimal 30 hari sejak tanggal instalasi, dan Pelanggan memutuskan untuk membatalkan berlangganan Layanan Oxygen.id Home, maka biaya yang sudah dibayarkan akan dikembalikan selambat-lambatnya 14 hari kerja terhitung dari tanggal pemberitahuan kepada Pelanggan dan langganan dibatalkan.

    1. Moratelindo akan melakukan penagihan atas pemakaian Layanan kepada Pelanggan setiap bulan dan wajib dibayarkan oleh Pelanggan selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo yang disebutkan pada tagihan.
    2. Apabila Pelanggan tidak menerima tagihan yang seharusnya telah diterima, maka Pelanggan harus segera menanyakannya kepada Customer Service Moratelindo. Pelanggan tetap berkewajiban untuk memenuhi pembayaran selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo walaupun tidak/belum menerima tagihan yang dimaksud.
    3. Setiapkeberatan terhadap tagihan tidak mengesampingkaan kewajiban Pelanggan untuk melakukan pembayaran pada saat jatuh tempo dan keberatan-keberatan atas tagihan hanya dilayani oleh Moratelindo sampai dengan 2 (dua) bulan setelah tanggal proses tagihan.
    4. Tagihan Oxygen.id Home memuat biaya yang terdiri dari : (a).Biaya Layanan Internet, Biaya Layanan TV dan sewa Set Top Box jika ada, serta biaya Layanan Lain-lain yang belum disebutkan, jika ada. (b).Biaya lainnya seperti pajak, biaya administrasi, materai, tagihan tunggakan, biaya relokasi dan denda karena tunggakan, dll. (c).Biaya Tagihan yang ditagihkan langsung oleh Partner kepada Pelanggan, tidak dicantumkan pada lembar penagihan Moratelindo.
    5. Pembayaran Layanan Oxygen.id Home ditagihkan dalam satu invoice (single invoice), sehingga pembayaran tagihan OXYGEN.id menjadi satu kesatuan, tidak dapat dibayarkan secara parsial/sebagian layanan Oxygen.id Home, kecuali ditentukan lain oleh Partner.
    6. Informasi mengenai besaran tagihan layanan Oxygen.id Home dapat diperoleh oleh Pelanggan dengan cara e-Billing ataupun berlangganan Surat Billing Statement, yang nantinya akan dikirimkan hardcopy nya ke alamat yang diinginkan Pelanggan, dengan dikenakan biaya tambahan yang ditentukan oleh Moratelindo.
    7. Kesalahan tagih akibat dari akses/pemakaian jasa layanan Oxygen.id Home yang disediakan oleh Partner, bukan merupakan tanggung jawab Moratelindo.

    1. Pelanggan berhak memperoleh dukungan teknis dan/atau non-teknis dari Oxygen.id Home yang dapat dihubungi 24 x 7 terkait dengan Layanan melalui email: ccare@oxygen.id dan call center: (021) - 5055 1155.
    2. Layanan diberikan tanpa jaminan tertentu, tanpa jaminan gangguan Layanan dan tanpa jaminan ketersedian Layanan dimana Layanan dapat diakses secara bersamaan oleh semua Pelanggan tanpa pengaturan, alokasi dan/atau prioritas tertentu.
    3. Pelanggan berhak untuk mendapatkan layanan perbaikan ke lokasi Pelanggan. Tindakan perbaikan ini dapat dikenakan biaya tambahan sesuai ketentuan yang berlaku.
    4. Moratelindo akan selalu memberikan informasi terbarunya melalui salah satu salurannya, website, teks berjalan (scrolling text), atau pada media-media lainnya.
    5. Moratelindo berhak sewaktu-waktu mengurangi, menambah atau mengubah layanannya dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu melalui pengumuman di salah satu saluran Moratelindo, website, dan teks berjalan (scrolling text), atau pada media-media lainnya, termasuk juga perubahan yang dilakukan pihak ketiga / Partner.

    1. Pelanggan dilarang untuk : (a) melakukan sendiri atau dengan bantuan pihak lain selain pihak yang ditunjuk oleh Moratelindo untuk melakukan pemindahan atau perubahan, berupa apapun terhadap jaringan layanan Oxygen.id Home. (b) Mengenakan biaya kepada orang lain untuk menikmati layanan Moratelindo. (c) Memberikan atau menayangkan ulang atau mendistribusikan atau memperluas sendiri layanan Moratelindo dengan cara apapun kepada pihak lain. (d) Memperbanyak dan/atau menggandakan dalam bentuk apapun semua layanan Moratelindo. (e) Menggunakan segala bentuk layanan (logo, trademark) untuk kepentingan pribadi dan/atau pihak lain manapun. (f) Memberikan kesempatan kepada pihak ketiga untuk memanfaatkan fasilitas jaringan Moratelindo yang tidak sebagaimana mestinya tanpa ijin tertulis sebelumnya dari Moratelindo.
    2. Pelanggan menerima dan menyetujui bahwa seluruh fasilitas layanan Moratelindo harus digunakan untuk tujuan yang sesuai dengan norma-norma, adat-istiadat, kebiasaan serta hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.

    1. Moratelindo dibebaskan dari kewajibannya berdasarkan Syarat dan Ketentuan Berlangganan apabila terjadi Force Majeure.
    2. Moratelindo tidak bertanggung jawab terhadap materi siaran yang dikarenakan seluruh materi siaran tersebut berasal dari pihak ketiga dan Moratelindo hanya menyiarkan kembali. Apabila ada materi siaran yang bertentangan dengan hukum, norma, kesusilaan, kesopanan, adat-istiadat, agama, dan lain-lain, maka Moratelindo tidak dapat diminta pertanggungjawabannya dan karenanya Pelanggan membebaskan Moratelindo dari setiap tuntutan, gugatan hukum terhadap materi siaran tersebut.
    3. Moratelindo tidak bertanggung jawab atas isi berita dan/atau informasi dan/atau data yang dimiliki Pelanggan dan/atau kehilangan data yang dikirim/diterima oleh Pelanggan kepada/dari pihak lain melalui jaringan telekomunikasi milik Moratelindo. Oleh karenanya, dengan ini Pelanggan membebaskan Moratelindo dari segala gugatan/tuntutan dari pihak manapun juga.

    1. Apabila terdapat kerusakan yang disebabkan kesalahan/kelalaian Pelanggan dengan indikasi kerusakan yang disebabkan oleh pecah, penyok, segel terbuka, tutup terbuka, terindikasi terkena bahan kimia asam/basa, terindikasi oksidasi yg disebabkan oleh air ataupun kehilangan peralatan milik Moratelindo serta kejadian Force Majeure, maka biaya-biaya yang akan timbul sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pelanggan.
    2. Layanan Oxygen.id Home akan diisolir jika sampai dengan H+14 (H = Tanggal Jatuh Tempo) tidak melakukan pembayaran. Maksimum masa isolir (pembayaran tunggakan) adalah selama 2 bulan.
    3. Layanan Oxygen.id Home akan diputus/dicabut sama sekali, jika sampai dengan H+61 terjadi penunggakan pembayaran (2 bulan tunggakan) dan melakukan penarikan perangkat milik Moratelindo.
    4. Pengenaan sanksi berdasarkan ketentuan kontrak berlangganan tidak mengurangi kewajiban Pelanggan (Eks Pelanggan), ahli waris atau penggantinya untuk melunasi seluruh tagihan/tunggakan layanan Oxygen.id Home termasuk dendanya kepada Moratelindo.
    5. Pelanggan akan dikenakan biaya penarikan & Jaminan perangkat sebesar IDR 500.000,- apabila berhenti berlangganan sebelum masa kontrak (paket berlangganan) berakhir atau selesai.
    6. Pelanggan dengan ini memahami, mengetahui dan menyatakan bahwa ketentuan dalam kontrak berlangganan merupakan pemberitahuan/informasi tentang kemungkinan dikenakannya sanksi tersebut, oleh karena itu tidak ada kewajiban bagi Moratelindo untuk memberitahukan lebih dahulu kepada Pelanggan atas pengenaan sanksi dimaksud.

    1. Perselisihan yang menyangkut pelaksanaan dan/atau penafsiran atas kontrak berlangganan diselesaikan bersama oleh Moratelindo dan Pelanggan secara musyawarah.
    2. Apabila penyelesaian secara musyawarah berdasarkan ketentuan dalam kontrak berlangganan tidak tercapai maka Moratelindo dan Pelanggan sepakat menyerahkan penyelesaiannya kepada Pengadilan Negeri (PN) / Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dengan domisili hukum dilokasi kantor Moratelindo setempat.
    3. Apabila oleh suatu sebab terdapat sebagian dari ketentuan dalam kontrak berlangganan dibatalkan oleh Hakim atau menjadi batal demi hukum maka ketentuan tersebut tidak membatalkan atau mempengaruhi ketentuan selebihnya.

    1. Biaya instalasi sebesar IDR 400.000,- (berlaku juga untuk biaya pemindahan ke alamat yang berbeda)
    2. Biaya Jasa Perubahan Layanan yang memerlukan kunjungan atau tambahan perangkat di lokasi Pelanggan sebesar IDR 50.000,-
    3. Biaya Relokasi (Dalam Alamat yang sama) akan dikenakan biaya sesuai material yang akan dipasang, serta biaya jasa relokasi sebesar IDR 100.000,-
    4. Biaya pembatalan instalasi (Early Cancellation Fee) sebesar IDR 75.000,-
    5. Kelebihan Cable Ethernet dikenakan biaya sebesar IDR 6.000,-/ meter.
    6. Kelebihan Cable Dropwire/FO dikenakan biaya sebesar IDR 6.000,-/meter.
    7. Penggantian Cable HDMI dikenakan biaya sebesar IDR 100.000,-/unit.
    8. Kerusakan Optical Network Terminal (ONT), dikenakan biaya IDR 1.000.000,-/unit.
    9. Kerusakan dan/atau hilangnya Set Top Box, dikenakan biaya sebesar IDR 1.000.000,-/unit.
    10. Kerusakan dan/atau hilangnya Remote Control, dikenakan biaya sebesar IDR 100.000,-/unit.
    11. Kerusakan dan/atau hilangnya Power Adapter, dikenakan biaya sebesar IDR 390.000,-/unit.
    12. Harga-harga sebagaimana telah disebutkan di atas belum termasuk PPN 10%, dan harga-harga tersebut sewaktu-waktu dapat berubah dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pelanggan.